Jumat, 20 April 2012

Desain mega proyek jembatan selat sunda.

Rencana pembangunan megaproyek Jembatan Selat Sunda terus digodok. Jika terealisasi, ini akan menjadi jembatan dengan bentang tengah terpanjang kedua di dunia.

Jembatan dengan total panjang sekitar 29 kilometer itu dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Jembatan ini akan dilengkapi infrastruktur seperti transmisi gas, rel kereta api, transmisi listrik, dan transmisi air minum.

Sementara itu, untuk pengembangan kawasan, akan disusun berbagai macam zona seperti zona industri, pariwisata, energi, logistik, pengembangan teknologi, dan pengolahan ekspor.

Menurut bahan Kementerian Pekerjaan Umum, pembangunan Jembatan Selat Sunda ini mempertimbangkan lonjakan lalu lintas sebagai dampak perkembangan ekonomi.

Lalu lintas antar Pulau Jawa-Sumatera itu diperkirakan dapat mencapai 20.000-27.000 kendaraan per hari pada 2025. Padahal, jumlah kendaraan pada 2007 sebanyak 11.500 unit per hari.

Belum lagi dibutuhkan waktu panjang untuk bongkar muat dan transfer dibutuhkan 2-6 jam. Kelemahan jalur transportasi selama ini yaitu kemacetan parah, terutama musim liburan dengan waktu tunggu mencapai lebih dari 24 jam, dan sangat bergantung pada kondisi cuaca.

Rencananya jembatan ini akan mulai dibangun pada 2014 dan memakan waktu sekitar 10 tahun untuk pengerjaannya. Nilai proyek juga berubah-ubah, dari awalnya diperkirakan Rp100 triliun, kini meningkat menjadi Rp215,37 triliun. Namun, biaya itu masih bersifat estimasi awal berdasar kuantitas atau volume pekerjaan dan harga satuan pekerjaan.

Rincian itu juga memerlukan pendalaman lebih lanjut karena belum dimasukkan harga pengadaan lahan, biaya perencanaan, biaya finansial, dan sebagainya.


FOTO: Desain Megaproyek Jembatan Selat Sunda

Quote:Quote:Pembangunan Jembatan Selat Sunda tengah dimatangkan. Jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter. Jembatan yang direncanakan dibangun 2014 ini memakan dana lebih dari Rp215 triliun. Sumber: Kementerian Pekerjaan Umum


Jembatan Selat Sunda ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama dengan panjang bentang mencapai 2.500 meter.


Jembatan Selat Sunda direncanakan akan mulai dibangun tahun 2014 dan memiliki panjang 29 kilometer.


Jembatan Selat Sunda yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan dibangun 2014 dan memakan dana lebih dari Rp215 triliun.


Jembatan yang menghubungkan Pulau Sumatera-Jawa ini direncanakan memiliki panjang 29 kilometer, dan dibangun menggunakan dua buah jembatan suspensi sebagai jembatan utama.

Selasa, 17 April 2012

Cara Mudah Mengatasi Jenuh di Perjalanan.


http://kterrl.files.wordpress.com/2010/08/sleeping_van.jpg
Siapapun pernah mengalami hal ini, apalagi dengan tingkat kemacetan jalan raya yang semakin hari semakin bertambah jumlah kendaraan, dan tingkat stres serta kejenuhan juga merupakan penyebab dari gas yang di keluarkan oleh knalpot kendaraan yang selama ini mondar mandir di jalan raya. Inilah problem bagi para komuter. Bayangkan, betapa berharganya waktu yang terbuang di jalanan hanya karena Anda terjebak macet. 

Sebuah laporan di situs ABC News bahkan menyebutkan bahwa pengamatan lalu lintas di Texas Transportation Institute menunjukkan bahwa di 68 area urban yang disurvei, rata-rata pengendara menghabiskan 34 jam setahun di tengah kemacetan. Di Los Angeles, pengemudi duduk secara stagnan selama 82 jam setiap tahun. Jumlah waktu yang dihabiskan di jalanan meningkat sedikitnya 350 persen selama 16 tahun terakhir. 

Sementara kemacetan di Jakarta belum dapat diatasi, tak ada cara lain yang kita lakukan kecuali menghadapinya. Namun, agar tidak suntuk, Anda bisa mencoba melupakan penatnya badan selama terkurung di dalam kendaraan dengan melakukan beberapa aktivitas berikut.
Dengan mobil Sendiri
Belajar bahasa asing. Entah Anda mengemudikan mobil sendiri, atau menjadi penumpang, Anda bisa memanfaatkan waktu untuk belajar bahasa asing. Beli saja CD belajar bahasa asing dan dengarkan untuk melupakan kekesalan akibat kendaraan yang bergerak hanya sejengkal demi sejengkal. Bila Anda memang sedang belajar salah satu bahasa asing, belajar di dalam mobil juga menjadi waktu yang tepat jika Anda malu harus mengulang kata-kata asing dengan keras. Tetapi, jika Anda berkendara seorang diri, hati-hati, jangan sampai konsentrasi Anda terganggu!
Mendengarkan “audiobook”. Jika Anda tergolong orang yang sering pusing saat membaca di mobil (sebagai penumpang tentunya), audiobook bisa menjadi pilihan. Saat ini sudah cukup banyak pilihan audiobook yang bisa diunduh gratis, dari novel, sastra klasik, hingga kisah motivasi dari motivator andal. Coba buka BookShouldbeFree.com. Anda bisa mengunduhnya ke MP3 player atau iPod.
Dengan kendaraan umum
“Flirting”. Jika Anda lajang, atau Anda seorang agen asuransi atau MLM, atau Anda warga baru di sebuah kota sehingga ingin menambah teman baru, kereta atau bus kota bisa menjadi sarana untuk mencari kenalan. Mengawali pembicaraan sebenarnya tak sesulit yang Anda bayangkan. Berikan komentar mengenai majalah yang mereka baca, kejadian di jalanan yang mengagetkan, tanya di mana mereka bekerja, jadwal kereta api, dan lain sebagainya. Dengan ngobrol, waktu menjadi tak terasa lagi. Bagi yang lajang, pertemuan secara rutin dengan seseorang bisa saja berlanjut ke arah yang lebih akrab, bukan?
Mengisi teka-teki silang atau bermain “game”. Jangan meremehkan games atau teka-teki silang. Menurut penelitian, dua jenis aktivitas ini menjadi cara yang asyik untuk mengasah ketajaman otak. Gunanya, agar kelak Anda tak cepat pikun. Ketika Anda tak menemukan jawaban untuk salah satu pertanyaan, Anda bisa menemukan jalan untuk mengajak ngobrol orang di samping Anda.
Tidur. Entah Anda menumpang bus feeder transjakarta dari kompleks perumahan tertentu, bus umum, atau kereta api, manfaatkan waktu yang ada untuk memuaskan tidur Anda yang terganggu pagi harinya. Jika Anda takut terlewat bila bus sudah sampai di tempat Anda turun, pasang alarm sebelumnya. Anda sudah tahu kan, lama rata-rata bus mencapai tempat tujuan?

Sejarah Mega Proyek Kapal Es 'Habbakuk'

Setelah tenggelamnya RMS Titanic tahun 1912, Patroli Laut International mencoba menghancurkan gunung gunung es apung dengan senjata berat dan bom, namun segala usaha mereka gagal total. Tidak satupun gunung es tenggelam.
Saat itu para petinggi Militer bingung, apa yang mau mereka gunakan untuk mengamankan jalur pelayaran dari gunung gunung es mengapung ini. Tapi seorang pria bernama Mr. Geoffrey Pyke berpikir dengan cara unik, ia berpendapat gunung es tidak dapat di tenggelamkan dan ini merupakan materi bagus untuk membuat sebuah kapal induk dengan landasan pacu pesawat pengebom di atasnya. Sebuah ide brilian namun ekstrim hingga kini.

Prototipe Pertama


Tahun 1943, berlokasi di danau Patricia, Jasper Kanada. Di bangun sebuah tongkang sebagai uji coba. Para tawanan perang digunakan sebagai pekerja saat itu, mereka membuat sebuah tongkang, panjang 18.2 meter lebar 9.1 meter dan draft (dalam) 6 meter.

Konferensi Quebec 1943


Penemuan ini di bawa ke Konferensi Quebec pada 17 Agustus 1943 di Kota Quebec . Dua belas inchi kubus Pykrete di tunjukan kepada semua peserta pertemuan, lalu diuji. Kubus Pykrete di tembak dua kali,satu peluru memantul dan mengenai kaki Laksamana Amerika.Mereka juga menguji dengan tebasan parang, Pykrete terbukti ampuh. Esoknya Presiden Roosevelt memerintahkan Angkatan Laut Amerika Serikat untuk berpartisipasi dalam membangun bidang es raksasa di Corner Brook, Nfld. 


Disain HMS Habbakuk berukuran panjang 609.6 meter, 91.44 meter lebar dan draft (dalam) 70 meter.Di dorong oleh dua puluh enam motor dengan kecepatan 7 knot, bertenaga 33.000 HP (Tenaga Kuda) atau sekitar 25.000 KW dengan bobot mati sebesar 2.2juta ton.

Selanjutnya Para arsitek perkapalan membangun 3 versi alternatif dari konsep asal Pyke.

1-Habbakuk I dibuat dengan campuran materi kayu. (dibatalkan pembuatannya)
2-Habbakuk II dibuat mendekati disain yang diinginkan COHQ, berukuran sangat besar, bergerak lambat dan memiliki motor penggerak, bahan utama campuran Pykrete dan penguat baja.
3-Habbakuk III dibuat lebih kecil, mampu bergerak lebih cepat dari versi habbakuk II.

Habbakuk Berakhir


Pada tanggal 16 Desember 1943, angkatan laut Amerika Serikat menghentikan proyek. Alasan utamanya adalah, sekutu mulai meraih kemenangan dalam Pertempuran Atlantik. Lagi pula diketahui bahwa waktu yang dibutuhkan untuk membangun Habbakuk sama dengan waktu yang dibutuhkan untuk membangun Kapal Induk baja Konvensional. Faktanya, jika U-Boat Jerman menang di perang ini, maka Habbakuk mungkin akan berlayar le laut Atlantik Utara.
Setelah perang berakhir, Mr Pyke dikatakan masih mengusulkan ide ini,tetapi tidak seorangpun yang mau menanggapi. Pada suatu malam musim dingin bulan Februari 1948, ia menelan sebotol pil tidur di kamar kost-nya London dan di temukan meninggal.
Nah , jika ada yang mengatakan Kapal Es adalah mitos belaka, saya sarankan kalian pergi menyelam di Danau Patricia, Jasper Kanada. Sebab prototipe pertama The Ice Ship masih ada kedalaman 12-30 meter di dasar danau, masih menjadi tujuan menarik para penyelam pro saat ini.Selamat bertualang.


Lord Mountbatten Project Habakkuk members.shaw.ca Miniatur

source: http://www.membuka-jendela-dunia.co.cc/2010/08/hotproyek-habbakuk-kapal-espict.html

Minggu, 15 April 2012

Tips untuk menghadapi masa remaja.


Mempersiapkan Diri Menjadi Remaja Mandiri.
Remaja yang mandiri
Berikut ini tips untuk kita dalam mempersiapkan diri menjadi Remaja mandiri dalam mengeDaftar pengangguran tingkat usia produktif / remaja akhir ini semakin meningkat.
Dan tanggug jawab kita sebagai remaja adalah tidak menambah angka pengangguran tersebut.
Di zaman sekarang, sangat penting, bahkan mendesak, bagi kita para remaja memiliki pengetahuan cara mengelola dan memahami dunia keuangan secara nyata. Kita bakal menghadapi tantangan keuangan begitu kita meninggalkan tempat aman kita: rumah orang tua kita.lola keuangan :
→ Etika
- Mengembangkan karakter bermoral tinggi, otomatis akan membantu kita remaja untuk berusaha memperoleh pendapatan, menjadi calon pekerja lebih baik dan secara keseluruhan menjadi pribadi baik yang dihormati. Dalam masyarakat saat ini, menjadi warga yang dihormati komunitas dengan baik akan membantu mendapat posisi mandiri secara keuangan. Mereka yang sejahtera sekaligus dihormati banyak orang adalah mereka yang punya standar moral tinggi.
→ Komunikasi
-Komunikasi merupakan hal utama untuk remaja mandiri, karena cara berkomunikasi “tertulis dan verbal “yang efektif akan memberikan kekuatan untuk mengajak orang lain untuk bekerja sama. Dan cara berkomunikasi juga akan membantu kita agar tampak lebih di antara yang lain dan itu akan memudahkan kita promosi.
→ Pola Pikir Sehat
-Semua hal berbau negatif akan menyulitkan kita dalam segala hal hidup dan dapat merusak kesempatan kita mencapai kemandirian dalam keuangan. Tips ini akan memotivasi dan membantu Kita menambah rasa percaya diri yang dibutuhkan untuk berhasil. Studi menunjukkan bahwa sikap positif akan menarik hal-hal positif di sekitar. Jadi mari kita berusaha mengembangkan pikiran yang akan membantu diri kita menjadi sosok lebih dewasa dan bertanggung jawab secara keuangan.
→ Pendidikan
-Di dalam kehidupan era masa sekarang ini. Sejauh kita memandang maka harus sejauh itulah kita harus memperlengkapi diri kita dengan berbagai pendidikan. Kita jangan salah memahami bahwa pendidikan diperoleh dengan cara menempuh jalur formal saja, dengan cara datang, duduk, mendengar dan selanjutnya hingga akan memperoleh penghargaan dari test yang sudah dilewati.
Pendidikan dapat diperoleh dengan berbagai cara terlebih lagi semakin mendukungnya perkembangan alat-alat elektronika sekarang ini. Dengan mudah kita memperoleh informasi tentang perkembangan zaman baik dari belahan bumi barat terlebih lagi dari negara tetangga.
Ilmu pengetahuan, keterampilan, pendidikan merupakan unsur dasar yang menentukan kecekatan seseorang berpikir tentang dirinya dan lingkungannya. Seseorang yang mampu mengubah dirinya menjadi lebih baik diharapkan mampu mengubah keluarganya.
→ Hasrat
-Saling bantu sesama remaja dalam menemukan dan mengikuti hasrat kita. Tentu yang bersifat positif. Untuk lebih percaya diri bagaimana mengubah hasrat menjadi menjadi karir yang bisa memenuhi kebahagian dan kebutuhan keuangan.
Hasrat di sini ialah ketika kita cinta apa yang ia lakukan, kita tidak merasa seperti beban kerja sehingga bisa melakukannya dengan baik dalam bidang apapun. Dengan memahami mimpi kita, kita akan lebih paham kemana kita akan melangkah ke tingkat lebih tinggi, yang sekaligus membantu kita remaja mengembangkan kemampuan.
→ Kemampuan Mengorganisir
-Mencapai kemandirian keuangan saat usia muda akan sangat dipermudah bila anak memiliki perilaku teroganisir. Contoh, ajak mereka memiliki jadwal terorganisir, ruang dan hidup mereka akan memberi keuntungan bagi mereka. Melakukan hal itu sama dengan membuka celah bagi remaja menggapai potensial tertinggi mereka.
[sumber: http://www.kaskus.us/]