Selasa, 22 Oktober 2013

Kecanduan "Ketika internet jauh lebih bersahabat dari orang tua"


Kalau anda berlangganan koran daerah pasti ada saja berita - berita miris tapi konyol yang bersangkutan tingkah laku remaja. Yang paling bikin geli adalahSekarang muncul tuh Fenomena anak ingusan tapi tingkahnya udah kaya suami istri. Bayangkan. Anak SMP tapi manggilnya udah Ayah - Bunda - Ayah - Bunda sama pacarnya. Disebutnya sih cinta monyet tapi akhirnya jadinya cinta buta. Karena si ‘Bunda’ yang masih SMP nekat ngancam bunuh diri karena ngeliat si ‘Ayah’ ketauan selingkuh di Facebook.
gambar milik http://akhwatsangpropaganda.blogspot.com
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhzQVDgoF4nttzg3Z01lhPKkuxym-rN9UU3UvPXemOJGcqLH4MGKahUT9N9a1lP68OLApBRZonZkU4m2KYnxhrysWYVFLhOBmnrMVGXTzz-cTCkHkCtv27DwTIF1lBc10-5nAPNGCB5h5Q/s320/enak.jpg
Saluran televisi dan juga FTV yang kerap menjadikan anak - anak SMA bahkan anak SD sebagai tokoh yang menjalani masa percintaan juga menyumbang peran disini. Tengoklah Anak SD yang penampilannya dibuat ‘terlihat dewasa banget. Eksploitasi bakat anak dengan cara yang salah. Seperti girlband anak - anak SD yang kerap tampil di acara musik. Dengan berpenampilah layaknya orang dewasa. Hadir juga sosok noyband ingusan yang juga dijadikan idola. GB dan BB dibawah umur sama - sama menyanyikan lagu cinta, dengan tema gaya pacaran ABG zaman sekarang. Yang kalau pedekate harus ngeadd facebook dan follow twitter orang yang di suka.
Teman - teman aku aja punya Hape ! Kenapa aku nggak?
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiwAzo0jo4g_NanqCN0K7t_DoSq8ZHAm9-4BU3KbUKgbEAbHfxth2sS_f7h86CH5rMZD5tY095Q_4_2fAitstBgsPspE0oG9uyhFWBriuZ8kpEpIK5Fs-B0eyljQI6lr8dJtMRcXBQ5U9A/s1600/ddd.jpg
Anak - anak perkotaan akan merasa nggak punya teman. Ketika teman - temannya semuanya pada sibuk membicarakan facebook dan twitteran sambil bawa - bawa smartphone. Otomatis si anak merasa iri dan ingin terlihat sama seperti teman - temannya.Mintalah Ia dibelikan hape ke orang tua. Tapi sepertinya orang tua zaman sekarang tanpa si anak meminta pun pastinya langsung dibelikan deh. Tanpa tahu apakah smartphone itu baik untuk anaknya. Hanya tahu apa pun yang dibutuhkan sang anak pastilah itu yang terbaik. Alih -alih agar si anak tidak lost kontak dibelikanlah si anak hape yang terlalu canggih. Yang sebenarnya untuk membawa hape ke Sekolah saja mayoritas sekolah banyak yang melarang. Tapi saya masih ragu apakah untuk era seperti ini peraturan tersebut masih benar - benar diterapkan Sekolah atau tidak.Fakta Hape di Sekolah = Males belajarDampaknya kadang untuk saya saja yang baru ngelepas masa SMA, tahu bener deh gimana beratnya belajar menjelang ujian. Karena belajar sambil pegang hape adalah perpaduan yang sangat buruk.Biasanya sih ujung - ujungnya meskipun dihati udah niat mau belajar tapi setelah tau ada pemberitahuan terbaru pasti jadinya nggak akan belajar.Apa lagi kalau follower twitternya udah banyak, ya sudahlah buang jauh - jauh deh semua pelajaran yang bikin rumit. KBM dikelas pun akan berlangsung membosankan. Guru menerangkan muridnya main hape. Gurunya nggak asik, si anak Curhat di twitter , mentionan sama teman sebangku ngeluh kenapa pulangnya lama. Kenapa gurunya nyebelin, bahkan ada yang sempet2nyafoto - foto pas pelajaran berlangsung. Narsis diem - diem dan di uploadlah di Facebook, twitter dan instagram. Supaya dilike barang banyak orang.Anak SD mulai kehilangan sopan santun Meniru gaya anak - anak SMA di Sinetronsumber
Hapenya itu kecanggihan Pak, Bu
Kadang saya suka geleng2 aja liat anak SD nenteng2 BB dengan gaya bicara yang kelewatan banget. Ini serius loh waktu saya pulang Sekolah naik angkot dan ada gerombolan anak SD yang ngomongnya Sudah ‘elo gue’. “Eh lo udah tau belum kalau bla bla , ituloh, bla bla bla” , “Ih masa sih?” mereka ngegosipin lawan jenis dan boyband idola mereka. Saya pun kembali terlempar ke masa SD lagi saat itu. Kalau di ingat - ingat dulu waktu saya masih SD sekitar tahun 2005. Umur dan kelas 6 SD aja. Mikir suka sama lawan jenis belum nyampe. Bahkan menginjak SMP pun masih culun - culunnya. Belum untuk terlihat keren di mata lawan jenis. Sedangkan sekarang?. Ponakan saya yang masih TK kalau sudah ngeliat Cobow Junior di TV centilnya bukan main.
“Eh, kamu pilih siapa? aku mah pilih iqbal “
“Aku milih yang keriting” — Sambil nyanyi lagu ea~ –
“Iya tau,yang pake topinya namanya Iqbal, cakep ya ” saya nguping dan merebut itu semua dari mata mereka. Saya suruhlah mereka nonton Spacetoon. Eh mereka langsung main Ibu - ibuan di luar rumah.
Nggak jauh dari lingkungan keluar. Saya pun amati benar tingkah laku adik saya sendiri diam - diam bikin facebook. Dan setiap kali saya buka facebook miliknya bukan main. Centil abis semua cowok di say hello. Para boyband dan girlband di like habis - habisan. Yang berbahaya sih ketika ia meniru idolanya itu.
Konyolnya saya pernah ditanya
“Eh, yuza kamu suka cobow junior ya?”
“Loh, kenapa?”
“Itu kamu nulis wall ke dinding cobow junior?”
“Nulis apaan?”
“Itu benar - benar kamu nulis Iqbal ganteng?”. Mendadak meradanglah saya tahu ternyata adik saya pun online pake hape saya dan pake akun facebook saya pula. Sejak saat itu saya mulai protektif pada tingkahnya. Karena
Dulu saya waktu SD nggak gitu - gitu amat !!!.
Kalau di visualisasikan ya Seperti inilah perbandingkan Anak SD zaman dulu sama zaman sekarang. Tingkah adik saya mirip dengan yang disebelah kanan.
Sumber Meme Comic Indonesia
http://galau.blogdetik.com/files/2013/08/46d3a80605cdf0ffe9bc64c60905bf98_anak-sd.jpg
Perbedaan Remaja Cowok dan Remaja Cewek dalam kecanduan Internet
Cewek
http://us.images.detik.com/content/2012/03/28/1209/hp-in.jpg
Saya berfikir.Anak SMA sering merasa sulit mengontrol diri mereka untuk tidak over online yang bikin susah belajar. Bahkan berpikir sehari aja tanpa buka twitter, BBm atau facebook rasanya mustahil. Sering saya ngeliat teman saya ‘Cewek’ hampir tiap waktu maen Hape dikelas. Dari rumah dia udah niat bawa power bank. Di kelas kerjaannya kadang suka cengar - cengir sendiri pas pelajaran. Dan duduknya dibelakang pula. Dan ternyata tingkahnya nggak jauh beda sama Adik saya dirumah yang masih SD. yang sering juga cengar - cengir nggak jelas dengan hape Mamah. Tau - tau saya curiga dengan cahaya dari dalam kamar. Saya bukalah pintu kamar. Dan ketauanlah dia bergadang sampe jam 3 pagi. Saya rampas hapenya. Wah tertangkap basalah bukti baru kalau ia sms-an sama temannya yang lawan jenis.Jadi ini penyebabnya kenapa pulsa mamah sering habis. Untungnya mamah saya nggak minta pulsa ke saya.
Bahkan pernah suatu hari Mamah saya pernah tuh menerima telpon dari Ayah si anak Cowok yang sering digoain adik saya. Dimana disini Si Ayah dari si anak Cowok itu ngomel nggak karuan. Katanya Adik saya sering banget nelpon anaknya, sms-in anaknya seperti “Lagi, ngapain?, udah makan belum”. Padahal Anaknya aqil baliqh aja belum. Mengekerutlah jidat saya melihat tingkahnya. Adik saya yang meginjak 12 tahun tergolong jadi anak yang malas belajar. Kerjanya hanya main hape dan nonton sinetron. Sudah sering saya merampasnya tapi tetap saja tingkahnya seperti itu. Saya pun berkata pada diri saya sendiri. Oh iya saya pun pernah bertingkah seperti itu. Saya juga pernah kecanduan game online yang membuat Sekolah saya berantakan.
Sedangkan Cowok
Rata - rata warnet game online buka 24 jam
Beda dengan Cewek yang masih hidup di lingkungan keluarga. Untuk para bocah dari kaum adam. Mereka sudah tidak lagi hidup dirumah. Mereka akan bergadang di warnet. Nginep disana sampai pagi. Dan sebagai anak remaja yang tumbuh di zaman dimana internet berkembang. Saya sendiri pernah ada di posisi yang kecanduan seperti itu yang bener - bener Sekolah jadi tempat yang buruk.Banyak pelajar bermasalah di Sekolahnya(katanya sih trend online di warnet dan komputer sudah sangat jarang dilakukan para ABG
Diluar kasus asusila coba deh anda tanya ke guru BK di Sekolah. Pasti ada saja kasus siswa-nya yang sering bolos di warnet. Kecanduan game online yang sudah tahap parah. Dimana game online sudah mempengaruhi pola pikir dan juga perilaku mereka. Dimana mereka di posisi ini akan rela menghabiskan uang jutaan rupiah bahkan lebih memilih game online daripada pelajaran Sekolah.
Tahun 2007 saya percaya kalau rata - rata remaja untuk Upadate friendster-nya biasanya mereka akan pergi ke warnet di malam hari. Kalau mau chatting aja janjian dulu seperti “Eh nanti malem OL di warnet ya, kita YM-an” tapi itu pun jarang banget.
Saya prihatin kalau masih banyak kalangan yang yang menyatakan online lewat komputer dan warnet itu udah hilang zamannya. Padahal faktanya nggak demikian. Warnet masih eksis. Tapi bukanlah warnet yang bersifat cuma browser dan download yang saat ini lagi menjamur. Tapi warnet game online.Bagaimana pun juga kecepatan internet di warnet akan sangat berbeda.
Saya adalah Salah satu dari mereka
Foto di ambil oleh operator tempat saya biasa membolos
Foto di ambil oleh operator tempat saya biasa membolos
Orang tua saya bukanlah tipe orang tua yang melarang saya main malem - malem. Mereka cenderung membiarkan saya mencari tahu sendiri. Sebenarnya Ayah saya orang agak keras. Tapi tidak dengan Ibu saya. Ayah saya jarang pulang ke rumah karena kesibukannya. Saya juga tergolong anak yang benar - benar lost control dari orang tua sejak SMP.
Ketika kelas 3 SMP saya pernah tercatat 21 hari Alpha dan 3x berturut - turut tidak ikut try out bahkan nyaris tidak lulus UAN. Dan orang tua saya tidak pernah tahu hal itu. Menjelang UN normalnya anak - anak SMP lainnya akan sibuk bimbel dan sebagainya. Sedangkan saya justru bergadang di warnet.
Saya seorang pecandu game online saat itu. Jauh lebih parah dari teman - teman yang mengajak saya main game online. Mata saya yang tadinya normal mendadak jadi minus. Orang tua saya pun tidak tahu kalau mata saya sudah minus parah. Jadi kerjaan saya biasanya suka tidur dibawah kolong meja saat guru yang mengajar nggak galak - galak amat.
Untungnya Pacar saya perhatian sekali jadi iya memberikan saya softlens tapi saya langsung membuangnya karena sering sekali saya lupa melepasnya dan ribet pula terlebih lagi saya juga anak yang jorok saat itu.
Saya lulus UAN, susah masuk Sekolah negeri karena nilai pas - pasan. Masuk STM swasta. Nggak betah dikelas karena sering diolok2 dan dibully dan lebih banyak bolos dengan teman baru diluar Sekolah. Akhirnya tertawa - tertawa seperti suka ngerokok, pulang malem, ikut - ikutan tawuran dan sebagainya. Mengeluhlah saya pada orang tua saya dan saya pun berkata ingin pindah saja ke SMA. Seperti orang tua pada umumnya biasanya orang tua akan berkata “Yaudah sabar aja dulu”.Dan saat itu mereka belum tahu kalau saya sudah bolos 5 bulan.
Kenaikan kelas pun tiba. Orang tua saya tetap tidak merespon. Dan saya pun tetap membolos dan sangat takut pergi ke Sekolah. Entah kenapa teman - teman sepembolosan mendadak memusuhi saya tanpa alasan yang jelas. Mereka tau - tau menghadang saya, memalak saya, dan sebagainya. Mereka berkata kalau saya masih ingin tetap jadi teman mereka, saya harus menyediakan mereka miras setiap harinya. Dan saya nggak turutin permintaan itu. Di cegatlah saya, di terror lewat Sms, nyaris babak belur dan sebagainya.
Gara - gara hal itu. Saya merasa depresi dan benar - benar tidak punya pelarian lain selain main game online. Saya pun kembali menjadi anak SMP yang Kecanduan game online. Kembali jadi gamer yang ngabisin uang jutaan dan bergadang di warnet.Ngelakuin apa pun agar bisa online.
Sadar nggak punya banyak uang. Saya juga sempat kerja jadi operator warnet dengan bayaran ‘Online dan makan gratis. Tapi ironisnya warnetnya tutup. Untungnya saat itu saya bisa menghasilkan uang dari game yang saya mainkan semacam jual beli barang virtual dan jual voucher game online.
Mayoritas orang tua adalah sahabat yang buruk bagi Remaja.
Orang tua kadang sahabat yang buruk - sumber
foto :https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgINS5s53JjNJvTQw6QzBkT8Xfd8oAoXUKmgoo4QeOl6s2JY9Xtyr-rM0kQFHnKmKv7_VyhPagPfdAJ2lTOHqvKOtf4vkISBtgE5-LTgEp7Y-bw9A2nti2u8cOWFq8PNTJgCwJgVT96Lp4/s1600/10+perilaku+buruk.png
Biasanya semakin tumbuh dewasanya si anak, Orang tua semakin tidak memperhatikan. Ya , saya terbuka pada teman - teman saya. Tapi tidak dengan orang tua yang tidak mau mengerti saya.
Kemudian, Bertemulah saya dengan sang pacar. Curhat-lah saya tentang semua hal yang selama ini saya tutup - tutupi. Dia sangat kecewa saat itu dengar saya bolos hampir satu tahun.Tapi lambat laun dia menghargai kejujuran saya.
Sedangkan kalau saya curhat ke orang tua saya?. Tahu saya bolos 5 bulan?. Pastikan mereka akan murka habis - habisan.
Bagaimana saya lepas dari kecanduan saya?.
Singkat cerita Pacar saya menyukai tulisan saya di buku catatan. Dikenalkanlah saya dengan blog, saya pun gemar menulis lagu bermain dengan software menggambar seperti photoshop. Dia pun mengajak saya main ke rumahnya dimana Disana dia hanya tinggal bersama seorang pembantu dan sopir ( Orang tuanya single parent dan hanya pulang seminggu sekali ). Saya pun dibebaskan untuk sibuk dengan hobby saya.
Tapi bukan berarti saya langsung berhenti main game online. Semuanya bertahap. Misalnya saja dari 12 jam perhari, esoknya saya berkurang menjadi 10 jam per hari. Kemudian turun jadi 5 jam sampai akhirnya benar - benar berhenti dan hanya main game online untuk keperluan jual beli barang game saja.
Lambat laun meskipun susah dihilangkan. Saya akhirnya jadi berhenti total main game online. Butuh kesabaran yang luar biasa. Setidaknya 3 butuh waktu 3 bulan bagi pacar saya untuk membuat saya berhenti main game online. Dia berhasil membuat saya berhenti total main game online . Saya yang tertutup dan sebenarnya malas bercerita selalu memancing saya dengan pertanyaan agar saya cerita banyak hal ke dia.
Dia juga berhasil melepaskan saya dari kecanduan merokok. Dengan caranya sendiri. Ia membiasakan saya untuk tidak lagi menggunakan uang saya untuk beli rokok dan beli voucher game online. Saya suka Es cream, kebab dan banyak makanan yang lebih saya suka ketimbang rokok. Hampir setiap ingin beli rokok maka saya ganti dengan beli es cream dan kebab. Dan saya pun sukses lepas dari kecanduan rokok.
Tapi sayang saya tetap tidak bisa berhenti membolos. Karena masa depan saya sudah jelas yaitu tidak naik kelas 2 tahun.
Orang tua pun terlambat mengetahui siapa anaknya.
Orang tua saya pun akhirnya tahu. Kakak saya sendirilah yang akhirnya membuatnya semuanya berubah. Ia curiga dengan tingkah laku saya. Dengan Rambutnya saya gondrongseperti murid yang tidak pernah bertemu dengan guru BK. Badan dan Jaket saya pun selalu bau rokok ditambah lagi ia kerap melihat saya keluar dari warnet yang ada di cilegon. Sering menemukan voucher game online di kama saya. Dan sering melihat saya pulang malam dengan keadaan masih menggunakan seragam sekolah.
Ia pun mencari tau sendiri ke Sekolah saya dan bertanyalah dengan guru dan wali kelas saya.Yah setelah semua itu kebongkar. Saya pun cuma bisa nangis. Saya hanya bisa berkata mereka adalah orang tua yang buruk, Mereka tidak pernah tahu bagaimana kehidupan saya di Sekolah. Bagiamana rasa Ketidakbetahan saya dan tidak pernah bisa mendengar menanggapi keluhan saya.Bahkan jadi sahabat untuk anaknya sendiri mereka tidak bisa.Selama ini saya lebih memilih game online, friendster dan orang lain sebagai sahabat saya.
Dan Saya pun tidak naik kelas selama 2 tahun. Akhirnya pindahlah saya ke SMA. Dan tahun ini. Setelah 5 tahun berseragam putih abu - abu saya pun lulus. Sedangkan pacar saya?. Sebenarnya Ia juga korban bullying dan akhirnya memilih home schooling Dan lebih dulu lulus dari pada saya. Dan pindahlah Ia ke Jepang. Meninggalkan saya yang benar - benar galau. Karena tak pernah lagi mendapatkan kabar pasti darinya. Sederhananya saya hanya ingin berterima kasih saya atas kehadirannya yang jadi segalanya buat saya. Dia jadi seorang kakak, jadi seorang Ibu, Sahabat bahkan guru di Sekolah. Yang bisa memberikan dukungan yang dimana selama ini saya berharap orang tua saya bisa memberikan itu. Dan menghilangkan kecanduan hal buruk dari seseorang itu butuh kesabaran. Dan saya menghargai kesabaran yang dia curahkan untuk saya.
Orang tua saya tidak lebih canggih daripada saya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgJIpN2kIVf4-jyxaVG8UdAcGUvVvM4N1IhCdKGWWnSLDUT1qRrYyFUba9D2afOqG2s9VImCJYyF3CM26QM1wE56mnPdbG8vqRajBcFmuXvtX2jldv7o2kJ387BZGCVgBpVOQpN_LfiA0Se/s320/4985761_20121211015058.jpg
Sama seperti remaja SMP pada umumnya. Jujur saya pertama kali ke warnet itu waktu masih kelas 2 SMP. Saat itu sih ceritanya di ajak teman saya.
Pergilah kami ke warnet, Meskipun Saat itu saya tidak begitu mengerti warnet itu apa, kenapa orang - orang rela membayar 6 Ribu per jam hanya untuk nongkrong di depan komputer. Dan saya disini belum cerita kalau teman saya ini seorang pecandu video porno dikelas. Dan diajarinlah saya apa itu download, bodohnya bukan download mp3. Saya justru di ajarin bagaimana cara download video porno.
Saya pun akhirnya ‘kebawa - kebawa’lah sayang. Tapi bukan anak yang suka nonton video porno dihape, karena saya ga punya hape canggih saat itu. Belilah saya sebuah flashdisk dan yah bisa ditebak. Saya taro file itu di flashdisk dan saya pun karena penasarannya tergolong tinggi. Seringlah saya main ke rumah teman saya yang punya ‘Komputer’. Dan hal seperti inilah yang sering orang bertanya - tanya. Bagaimana bisa anak dibawah umur kecanduan video porno?. Ya itu tadi diajak temannya, atau temannya punya dan dia minta.
Warnet itu bebas
Warnet ku hotel ku
Warnet ku hotel ku, sumber masa lalu saya
Ada warnet yang operatornya ‘ngebebasin banget’. Jadi Sering membiarkan mereka yang suka main game online sambil nonton video porno. Dan yang melakukan rata - rata pelajar. Apa lagi waktu kasus video Porno mirip Ariel mencuat dimana - dimana. Tambah bejatlah mereka. Bahkan Video Ariel saat itu saya tahu banget disebarin kemana - kemana karena, antara operator warnet dan pengguna warnet tingkahnya sama aja. Jangan tertawa ya. Tapi Video Ariel sudah semacam tontontan wajib saat itu, malah saya ditanya seperti ini “Eh elu udah nonton video ariel belum?”. Tapi bukan berarti semua warnet itu jelek. Nggak juga. Banyak juga kok warnet yang tegas.
Fakta Di warnet :” Disana umur, dan juga seragam nggak akan dipandang. Disana orang tua bisa gaul dengan anak SD, Mahasiswa bisa gaul dengan anak SMP atau Anak SMA pun bisa di maki - maki oleh anak SMP jika cara main game nya buruk, kualitas bermain game itu nomor satu. Fakta lainnya adalah rata - rata anak yang suka main game online ngomongnya kasar - kasar dan jorok. Itulah kebiasaan mereka, itulah bahasa sehari -hari mereka di warnet. Dan itu nggak kenal zaman. Nggak peduli tablet, smartphone dan wifi ada. Karena komputer tetap nomor satu dimata mereka.
Lagi - lagi karena Penasaran
Tengoklah iklan iklan vulgar yang bertebaran dimana - dimana, obat kuat , alat bantu seks, pil perangsang , yang dijual bebas dan kerap menjadikan tubuh wanita sebagai daya tarik oleh pemasang iklan. Tentunya sangat menarik rasa penasaran para remaja labil untuk mengetahui lebih dalam. Media online juga kerap membuat berita yang agak ‘merangsang’ dengan membuat judul yang membuat pembacanya berfikir macam - macam. Dan itu sangat tidak etis jika yang melihatnya anak SMP yang terlanjur sudah mengenal konten porno.
Mereka lebih tahu banyak dari orang tua
Tapi akhirnya Iklan dan ke-vulgaran sudah jadi sesuatu yang basi. Paling ujung - ujungnya prostitusi. Dan akhirnya jadi ngerasa ‘Hal seperti itu’ udah nggak aneh lagi.Justru yang aneh ketika orang tua menilai anaknya masih polos. Padahal sebenarnya sudah jauh dari apa yang dipikirkan orang tua.
Di Sekolah sendiri sekarang pendidikan seks sebenarnya sudah diajarkan. Hal yang berbau seks sudah tidak lagi dijadikan hal yang tabu. Bahkan pengemuka agama pun sepakat untuk tidak lagi menjadikan hal yang berbau seks menjadi hal yang tabu. Di Sekolah anak - anak sudah diajarkan bab reproduksi. Sudah diperlihatkan dampak - dampak akibat pergaulan bebas seperti pendidikan seks yang langsung mempertontonkan gambar kelamin yang terkena HIV, video aborsi dan sebagainya. Sebagai sebuah peringatan kepada remaja. Dan orang tua harusnya tidak usah lagi takut dan malu anaknya mengenal seksualitas. Karena faktanya mereka sudah mengetahui itu.
Kadang pacaran sehat itu benar - benar menyehatkan
Singkat cerita Pacar saya adalah keturunan jepang yang sangat suka musik Jepang.
Dan Tujuan utama saya ke warnet pun berubah tidak lagi download video porno tapi download lagu - lagu Jepang semacam naruto dan sebagainya. Tapi tetap saya saja tidak merasa sayang untuk menghapus video porno dari flashdisk saya.
Suatu hari flashdisk saya ketinggalan dirumah pacar saya. Pacar saya pun ngecek isi flashdisk saya .Dan betapa kagetnya ia mengetahui saya yang selama ia kenal baik - baik saja dan pendiam ternyata gemar mengoleksi hal tidak senonoh seperti itu.
Dan disitu mulailah saya di Nasehatin. Di arahkan kalau itu salah banget. Dan nggak benar. Dia setahun lebih tua dari saya. Dia juga cerita asal usul dan di Jepang video porno itu gimana. Bisa dibilang dijelaskanlah segala rasa penasarannya saya, semua video yang dibuat itu rekayasa belaka. Berutungnya saya. Apakah semua orang Jepang itu mesum ’salah satu rasa penasaran saya saat itu. Dia bilang Pokoknya itu nggak bener. Dia mungkin kesal tapi dia beri kejelasan. Dan saya pun akhirnya menngerti sendiri. Bagaimana dampaknya buruknya. Wanita itu harus di hargai. Setiap tindakan ada balasannya. Ada dampaknya baik dan buruknya. Dan syukurlah saya pun benar - benar bisa menghindari diri sejak saat itu. Saya selalu ingat bagaimana kalau yang diperlakukan tidak senonoh adalah adik saya, saudara perempuan saya atau mungkin Pacar tersebut. saya tentu saya akan marah, sedih.
MeskipunUdah dinasehatin tapi bukan berarti rasa penasaranya hilang.
http://fotokita.net//fkphotos/941247417523_1031827_n.jpg
Sudah jadi sesuatu yang alami Remaja akan dibuat penasaran dengan pertanyaan - pertanyaan yang ada di dalam dirinya. Begitu juga saya, butuh benteng yang benar - benar kokoh agar tidak tergoda dengan hal yang tidak pantas. Sayangnya sebagian orang tua meanggap hal itu sangat tabu. Padahal justru itulah yang membahayakan. Harusnya pokok masalah ada pada memberikan kejelasan , bimbingan , penting menjelaskan konsekuensi hukumnya baik hukum agama maupun sosial. Sehingga si Anak dengan sadarnya menyadari hal itu
Keamanan internet tidak terjamin.
Diluar konteks keluarga yang gaptek. Saya akui, Media dan pemerintah yang berwenang dalam memberikan pelayanan internet sangat buruk. Kurang tegas untuk menyediakan akses internet yang aman.
Warnet - warnet game online menjamur dimana - dimana, ironisnya banyak yang mendirikan warnet game online di dekat Sekolah karena strategis. Dalam hal ini pemerintah dan juga dinas terkait tidak memperhatikan dan bertindak tegas para pemilik warnet yang masih mengizinkan anak Sekolahan main game online pada jam jam Sekolah.
Kadang cukup tegas sih, saya sendiri pernah nyaris kena razia pelajar. Tapi tidak dengan teman - teman saya. Mereka kena razia di boyong layaknya Waria yang terjaring dan diperiksalah mereka, dilaporkanlah pada orang tua dan pihak Sekolah. Dan menurut saya ini sangat bagus.
Tapi tindakan represif seperti itu sangat jarang banget dilakukan. itu semua dilakukan setelah teman saya yang kebetulan keponakan Jenderal. Ketangkep basah sama orang tuanya bolos di warnet. Di tamparlah dia pake sendal, di pukuli hingga teman saya tersebut yang namanya Bayu trauma tapi tidak kapok. Laporlah orang tuanya ke pamannya si Bayu yang polisi itu. Dan hari itu mendadak seluruh warnet seantero cilegon di razia.
Tapi besoknya normal lagi. Malah besoknya mereka bolos lagi seperti tidak terjadi apa - apa. Karena memang Game online itu sama aja kaya narkoba. Bahkan gue denger Orang tuanya si Bayu justru pasang internet di kecepatan gaming di rumahnya. Supaya si Bayu lebih terpantau. Dan si Bayu pun tidak lagi main game di warnet. #GosipnyaSihBegitu
Lantas darimana para remaja itu punya banyak cukup uang untuk main game online?
Saya pun sering bertanya demikian ke teman teman saya waktu itu. Ada teman saya yang tidak ingin mengatakannya. Tapi Ada pula yang blak blakan mengakui kalau mereka jujur harus menjual barang kesayangan, bahkan menjual apa pun yang bisa dijual seperti sepeda bahkan hape milik orang tuanya sendiri. Dan yang lebih ekstrim ada yang mencuri uang dan yang lebih parah lagi menggunakan uang SPP bulanan Sekolah. Dan ternyata saya pun kadang bertindak demikian. Tapi tidak sampai se-ekstrim itu.
Seperti Apa kecanduan Game online itu?
Menurut saya kecanduan game online lebih sulit disembuhkan daripada kecanduan rokok.Game didesain untuk membuat orang ketagihan dan mereka yang ketagihan merupakan orang-orang yang menganggap dunia nyata itu menyakitkan atau menakutkan. Komputer dan video game juga sering menjadi pelarian bagi anak-anak yang sedang tumbuh dewasa untuk menghindari berbagai masalah sulit yang biasa menyertai masa pertumbuhan mereka. Saya sendiri sadar benar sudah tubuh jadi orang yang tidak mudah berosialisasi dan juga kurang percaya diri. Meskipun game sebenarnya sangat bagus untuk perkembangan otak selain itu hadirnya mampu membuat saya tidak lagi depresi.
Bagi saya untuk berhenti main game online itu susah. Sama susahnya untuk yang kecanduan rokok berhenti untuk merokok. Sama susahnya merebut ponsel - ponsel dari anak atau Adik anda yang sudah kecanduan dunia online dan lalu menyuruh mereka belajar. Itu susah bahkan jika sudah niat sekalipun. Perlu bimbingan dari semua pihak. Guru, Orang tua dan juga lingkungan.
Tapi yah Namanya juga kecanduan Internet dan game. Butuhkan kesabaran ekstra keras. Butuh kesabaran luar biasa bagi orang tua menyembuhkan anaknya kecanduan game. Sama seperti kecanduan narkoba. Yang pasti akan make lagi dan make lagi. Atau perokok yang akhirnya merokok dan merokok lagi.
Di korea sendiri negara asalnya game online terkemuka berasal.Sudah didikanlembaga konsultasi dan rehabilitasi untuk para pecandu game. Di Negara game online ini, kecanduannya cukup parah. Anak - anak yang sering membolos pun akan diperlakukan secara mililer untuk membuatnya jera.
sumber
Kotak game
Lantas apa yang harus dilakukan orang tua?

1.Jangan takut dengan Internet, cobalah kenal lebih jauh tentang Internet dan berusaha tidak terlampau gaptek dari si Anak
http://oranggaptekbikinwebsite.files.wordpress.com/2011/12/gaptek.jpg
2.Sebelum Anak anda kenal internet pastikan anda yang pertama mengenalkannya,
Mau tidak mau si anak akan tumbuh dan semakin cerdas. Mereka pasti menginginkan yang terbaik dalam rangka untuk bersaing dengan teman-teman mereka di Sekolah.
Umur 10 sampai 12 tahun ( kelas 4 Hingga 6 SD). Menurut saya adalah momen yang tepat untuk orang tua mengenalkan internet pada si anak. Sedangkan yang paling rawan adalah ketika memasuki jenjang SMP dan SMA. Di usia ini mereka akan mudah terjerumus jika orang tua kecolongan. Oleh sebab itu penting untukmenjadikan anak sebagai sahabat. Penting untuk bisa membuatnya jadi orang yang jujur.
Untuk laki - laki pastikan dia tidak bermain game online. Pastikan selalu pulang Sekolah tepat waktu dan tidak membiarkannya terlalu bebas. Untuk anak perempuan pastikan anda sudah jadi temannya di Facebook, twitter dan juga sering mengecek ponselnya.
3.Anak anda mungkin bukan seorang pecandu . Tapi bukan tidak mungkin teman - temannya adalah seorang pecandu game online.
Jangan pernah meanggap bahwa anak anda itu penurut dan tidak mungkin terjerumus dan tidak akan kecanduan internet dan game online apa lagi menyaksikan konten dewasa. Percayalah remaja itu sangat labil. Mereka bisa berubah sewaktu - waktu. Lingkungan dan dengan siapa mereka bergaul sangat mudah mempengaruhi mereka.
4.Anda wajib tahukehidupannya di Sekolah dan lingkungan pergaulannya.
Pastikan anda tahu nomor wali kelasnya. Buatlah jadwal yang ketat untuknya. Seperti mengikutkannya pada kegiatan bimbel dan les tambahan. Anda juga harus tahu benar siapa temannya, pastikan anda adalah orang tua yang benar - benar jadi sahabat untuk nya. Karena Biasanya untuk hal yang berkaitan langsung dengan perasaan seperti ketika ia menyukai lawan jenis, Si anak akan cenderung memilih orang lain daripada orang tuanya. Oleh sebab itu bagi orang tua ‘Kepo’ sama anaknya. Jangan biarkan ia main dan tak tahu waktu dan terlalu bebas. Jika anak anda nantinya berpacaran pastikan anda juga kenal dekat dengan pacarnya. Jika perlu anda juga perlu siapa orang tuanya dan rumahnya. Pastikan jika kelak tahu anaknya putus dengan sang pacar ia tidak curhat ke orang lain. Bimbingan agar pacaran mereka sehat.
5. Yuk Pasang internet dirumah
Pastikan si Anak tidak perlu pergi ke warnet untuk mengerjakan tugas Sekolah, atau sekadar akses dunia maya. Jangan membuatnya sulit untuk mengakses sosial media. Justru harus di permudah sehingga anda juga mudah mengawasinya.
6. Ketika sudah mengetahui si Anak ternyata pecandu game online
http://2.bp.blogspot.com/-5DFGQBr2mPM/TWXQ4YxQpVI/AAAAAAAABGs/ii8RmryzqEE/s1600/kecanduan-internet1.jpeg
Biasanya reaksi orang tua bereaksi terlalu keras dan biasanya akan menghukum si anak dengan keras pula. Membentak nya bahkan memukuli si Anak karena terlampau emosi. Meski itu bisa membuat si anak Jera. Sesungguhnya itu bukan solusi
Cari tahu apakah di Sekolah ia benar - benar bisa bersosial dengan baik, benar - benar mampu mengendalikannya dirinya sendiri dengan pengalaman yang cukup banyak dari anda. Seperti tahu kalau game online itu bukan hal yang baik, tahu situs porno itu tidak ada manfaatnya. Semakin berkaca pada orang lain si anak justru akan sadar dengan sendirinya. Karena bagaimana pun juga sifat anak adalah turunan dari sifat anda sendiri.
Pengalaman saya sendiri. Saya pernah melihat sendiri tingkah laku teman saya yang sampai sering mencuri uang orang tua dan menjual berbagai barang kesayangannya. Pastinya bisa dibayangkan bagaimana murkanya si orang tua saat tahu.
7. Kenali siapa anak anda sebelum terlambat
Kenali seperti apa jiwa a=anak anda
Kenali seperti apa jiwa a=anak anda
Anda tahu?. Kebanyakan mereka gamer adalah anak yang tidak bisa dimarahi, dan dibentak. Jika anda mendidik anak pertama dengan keras bukan berarti anda bisa mendidik adiknya dengan keras. Bisa jadi adiknya bukan tipe anak yang bisa di ‘kerasin’. Mudah tertekan dan sebagainya. Biasanya untuk tipe anak yang seperti ini ketika sudah dibuat tertekan oleh orang tuanya. Mereka akan kabur dari rumah. Cari pelarian dan curhat sama teman atau pacarnya. Tapi sayangnya jika mereka sudah mengenal game online. Mereka akan lebih memilih game online.
Teman sepermainan saya bahkan saya sendiri rata - rata anak yang tipe tidak bisa dikerasin. Teman saya mungkin ada pernah kabur dari rumah selama beberapa minggu dan akhirnya ditemukan sedang asik bermain game online di sebuah warnet dikota lain. Saya sendiri ketika orang tua membuat saya tertekan maka jalan lainnya saat itu adalah game online atau curhat sama pacar. Karena saya benar - benar tidak meanggap orang tua saya bukan sebagai sahabat yang ramah.
Ciri Ciri yang perlu anda curigai berdasarkan pengalaman saya sendiri :
a.Si anak sering pulang Sekolah tidak tepat waktu.
b.Si anak seringinternet hingga tengah malam.
c.Si anak sering pergi ke warnet malam - malam.
d.Mulai memisahkan diri dari keluarga dan tidak ingin kehidupan pribadinya diketahui.
e.Menemukan file atau gambar yang tidak pantas.
f.Tidak ingin memberi tahu nama akun sosial media yang mereka gunakan di internet. Bahkan tidak mau menyerahkan ponsel atau laptopnya ketika anda ingin memeriksanya.
g.Menemukan pesan pesan yang nggak biasa. Apa lagi jika anak anda cewek, pasti bakalan repot. Seperti repotnya saya yang juga punya adik cewek yang kerap SMS-an hingga larut malam dengan teman lawan jenisnya.
h. Menemukan voucher game online di kamarnya atau meliaht sms yang berisikan jual beli dengan harga jutaan dan ratusan milyar. Karena mata uang game sangat bisa dirupiahkan. Misalnya saja 100 juta mata uang game bisa dibeli dengan 100 ribu mata uang Rupiah.
i. Tidak pernah belajar bahkan saat menjelang ujian, dan terlalu fokus pada gadgetnya.
j. Sering berpergian keluar rumah tanpa minta izin dan sering dijemput oleh temannya yang sebelumnya tidak begitu anda kenali.
k. Berbicara kasar dan jorok.
l. Tidak mau memperlihatkan isi file di flashdisk dan handphonenya.
8. Update informasi dan sering mengunjungi website yang membahas persoalan yang anda hadapi.
Jika anda adalah orang tua yang benar - benar tidak update informasi. nggak ada salahnya mengakses situs - situs yang menawarkan segudang solusi untuk anda.
~ Misalnya tidak ada salahnya anda mengakses internetsehat.org untuk antipasi dampak buruk internet yang sudah saya beberkan diatas.
~ Tidak ada salahnya juga sebagai orang Ibu anda mengakses situsdariperempuan.com untuk mengetahui informasi menarik seputar keluarga, anak dan kesehatan dan hal lainnya.
Mungkin Cuma segitu yang saya bagi. Baik dari yang sudah saat alami sendiri atau pun yang belum tahu saya ketahui.
Saya tidak pernah menyalahkan orang tua saya yang gaptek, tidak pula menyalahkan perkembangan teknologi yang membuat saya penasaran dalam pencarian jati diri.Tapi itu sudah resiko , ketika saya benar benar tidak bisa mengontrol diri saya sendiri dan benar2 lepas dari perhatian orang tua disitulah orang asing akan masuk dan bisa saja menjerumuskannya. Karena kadang kepribadian seseorang dilihat juga dengan siapa ia bergaul.
Remaja memang sangat suka ambil resiko. Tapi harusnya masih bisa di cegah bukan?.
Pesan saya terhadap para orang tua maupun calon orang tua termasuk saya sendiri. Jadilah Sahabat bagi anak Anda, bagi adik - adik anda yang masih kecil. Karena keterbukaan dan kejujuran dalam keluarga itu penting.
Remaja, mereka adalah air sungai yang bening namun bisa jadi keruh tercampur arus sungai yang kotor lalu jadi bening lagi dan tenang lagi. Aliran arus mereka tidak pasti Kadang deras, kadang tenang - tenang saja. Jadi jangan lepaskan perhatian anda dari mereka. MeskipunOrang tua mungkin akan serba salah dalam mendidik anaknya jika sudah menginjak usia remaja.Antara melarangnya atau membiarkannya. Biasanya semakin dilarang akan semakin menjadi - jadi. Oleh sebab itu Tetaplah jadi sahabatnya bukan musuhnya. Dengan begitu anak akan terbiasa terbuka pada orang tua. Meskipun jujur, sebagai orang anak saya tahu betul orang tua saya sendiri mungkin merasa sulit memberikan pemahaman kepada saya bahwa sebenarnya saya masih perlu bimbingan orang tua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar